Minggu, 08 Januari 2012

Muawiyah


Ringkasan: Perang saudara menandai perpecahan dalam sejarah Islam. Tirai Khulafaur Rashidun (khalifah yang diberi petunjuk)  telah tertutup Sektarianisme Syiah-Sunni, yang berjalan seperti garis patahan raksasa di seluruh sejarah Islam, muncul. Perbatasan antara Persia dan Suriah  mengeras di Sungai Efrat. Ketegangan melahirkan kaum Khawarij dan cap mereka adalah ekstremisme. Untuk alasan ini, sejarawan Muslim merujuk pada perang saudara sebagai "fitnatul kabir" (fitnah besar).

Dengan pembunuhan Ali bin Abu Thalib Kwh, tirai era keimanan dalam sejarah Islam telah tertutup. Nabi mendirikan sebuah peradaban dimana keimanan berada pada posisi tertinggi. Abu Bakar RA, Umar RA, Utsman RA dan Ali Kwh berusaha untuk membangun peradaban di atas dasar yang telah diletakkan oleh Nabi. Belum pernah ada suatu waktu dalam sejarah berikutnya seperti apa yang pernah ada dalam empat puluh tahun pertama setelah Hijriah. Untuk sejenak, iman dalam transendensi Allah memerintah lebih tinggi daripada pisau prajurit dan kekayaan pedagang. Madinah telah dikenal sebagai ibukota kekaisaran terbesar dunia, tetapi para penguasa berjalan di atas bumi seperti seorang pengemis, dengan rasa takut akan Allah di dalam hati mereka dan visi akhirat dalam jiwa mereka.

Bahkan ketika iman Islam telah menyebar ke seluruh benua besar Asia dan Afrika, ia ditantang oleh kekuatan kekayaan. Harta melimpah Persia, terakumulasi selama berabad-abad dari kekuasaan kekaisaran, menawarkan godaan yang beberapa orang Arab tidak kuat menahannya. Perjuangan antara iman dan kekayaan muncul selama periode Utsman RA dan memakan kekhalifahan itu. Ali Kwh mengobarkan pertempuran yang berani untuk memadamkan api dari keserakahan dan kekuasaan, tetapi api itu memakan beliau juga. Dan dari abu api, muncul pemerintahan dinasti Bani Umayyah.

Emir Muawiyah adalah raja-tentara yang pertama  dalam sejarah Islam. Dengannya, tubuh politik Islam mulai memasuki kekuasaan pemerintahan dinasti. Pola yang didirikan olehmya bertahan sampai abad ke-18 ketika saudagar Eropa menggantikan raja-raja tentara Muslim di Asia dan Afrika. Seorang prajurit yang luar biasa, seorang politisi yang cerdas dan administrator yang cakap, Muawiyah melawan Ali Kwh dan menyatakan dirinya sebagai Khalifah di tahun 658. Begitu Ali Kwh dibunuh (661) Muawiyah membuat persiapan untuk menyerang Mekah, Madinah dan Irak. Hassan bin Ali telah terpilih sebagai Khalifah di Kufah dan ia berbaris maju dengan kekuatan 12.000 orang Irak untuk menghadapi Muawiyah. Tetapi  orang-orang Irak terbukti sebagai sekutu yang tidak dapat diandalkan dan desersi sebelum pertempuran dimulai. Pada Perjanjian Madayen (661), Hassan menyerahkan kekhalifahan mendukung Muawiyah sebagai imbalan atas amnesti umum dan gaji tahunan 200.000 dirham. Dia pensiun ke Madinah untuk tinggal di sana sebagai guru besar dan imam. Pelepasan ini mengakhiri fase pertama dari perang sipil yang dimulai dengan pembunuhan Utsman RA. Hal ini juga mengkonsolidasikan kekuatan Muawiyah atas semua wilayah muslim.

Dengan Perjanjian Madayen, kekuasaan jatuh dari Bani Hasyim Quraish ke Bani Umayyah, cabang lain dari Quraisy. Dalam masa pra-Islam, Bani Hasyim adalah penjaga Ka'bah sedangkan Bani Umayyah adalah saudagar kaya dan bertanggung jawab atas pertahanan Mekkah. Dalam bahasa modern, Bani Hasyim menjadi imam, sedangkan Bani Umayyah adalah pedagang dan tentara. Anggota terkemuka dari Bani Umayyah (seperti Abu Sufyan) sangat menentang misi Nabi pada masa-masa awal Islam tetapi memeluk Islam setelah penaklukan Mekkah (628). Nabi telah berusaha untuk mengikat bersama kedua suku di bawah transendensi Islam. Kesatuan yang baru berhasil selamat melalui kekhalifahan Abu Bakar RA dan Umar RA. Tetapi dengan kekhalifahan Utsman RA, yang merupakan seorang Bani Umayyah, persaingan lama muncul kembali. Seperti yang telah kita tunjukkan, anggota-anggota tertentu dari Bani Umayyah telah mengambil keuntungan dari sifat saleh dan ketidaktegasan Utsman RA dan tumbuh sangat kaya. Perkembangan ini membuka peluang Utsman RA untuk menerima tuduhan favoritisme dan akhirnya menyebabkan pembunuhannya. Dalam kekacauan berikutnya, Ali Kwh telah dinominasikan khalifah, tetapi Muawiyah yang merupakan seorang Umayyah, menuntut qisas untuk darah Utsman sebelum ia menerima kekhalifahan Ali Kwh. Ali Kwh secara politis terlalu lemah untuk melakukan ini dan Muawiyah dengan tangkas mengeksploitasi kelemahan ini untuk menghasut Suriah melawan Ali Kwh dan berperang melawan beliau (Perang Siffin).

Sejarah mengulang dirinya sendirinya. Perpecahan di antara umat manusia berdasarkan suku, bangsa dan ras muncul lagi dan lagi. Bani Umayyah, yang merupakan pedagang dan tentara di era pra-Islam, menerima manfaat yang sangat besar dari emas yang ditaklukkan dari Persia. Bani Hasyim, di sisi lain, berusaha untuk menjaga komunitas Islam yang berfokus pada kesederhanaan Islam. Khalifah ketiga Utsman RA adalah seorang Umayyah yang saleh, pemalu, pria berusia lanjut yang lamban. Kekuatan kekayaan menunjukkan dirinya pada masanya dan mereka yang berada dalam posisi untuk mengeksploitasi kekayaan, yaitu kelas tentara-pedagang Bani Umayyah, melakukannya. Ketika Ali Kwh, Bani Hasyim yang mencoba untuk mengarahkan aliran sejarah kepada kemurnian Islam, iman bertabrakan dengan keserakahan; terjadi perang saudara antara Bani Umayyah dengan Bani Hasyim. Tahap pertama dari perang saudara berakhir dengan kemenangan tentara-pedagang dan pengingkaran atas aturan iman. Sebuah era berakhir dan era baru dimulai.

Perang saudara juga melahirkan kaum Khawarij. Seperti yang telah kita tunjukkan, mereka adalah orang-orang tidak puas yang berjalan keluar dari kamp Ali Kwh ketika beliau menerima arbitrase dengan Muawiyah. Posisi mereka, meskipun ia ditulis dalam istilah demokrasi, adalah ekstremis. Mereka berusaha untuk membenarkan posisi sesat mereka bahwa Ali Kwh telah membahayakan imannya. Mereka juga berpendapat bahwa kekhalifahan harus terbuka untuk setiap muslim yang mampu, bukan hanya Quraish. Metode mereka berdarah dan mereka membiarkan secara longgar pemerintahan teror tanpa ampun, tanpa pandang bulu membunuh pria, wanita dan anak-anak. Ali Kwh dan Muawiyah berperang melawan mereka. Meskipun dikalahkan pada waktu itu, kaum Khawarij muncul kembali dalam sejarah Islam sebagai kelompok bandel selama lima ratus tahun. Pada abad ke-14, mereka menghentikan cara-cara kekerasan mereka dan menetap di Afrika Utara. Beberapa sejarawan  besar, di antaranya Ibnu Batuta yang bepergian melintasi Afrika Utara pada tahun 1330-1334, menghubungkan mereka dengan Ibadis yang dikenal atas puisi taat mereka dalam memuji Nabi.

Perang saudara telah menunda ledakan kemajuan dari tentara Muslim. Dengan berhentinya perang saudara, kemajuan dimulai kembali. Muhlab bin Abi Safra merebut daerah perbatasan Pakistan modern. Utsman bin Said merebut Samarqand dan Bukhara di Asia Tengah. Uqba bin Nafi melintas menyeberangi Afrika Utara ke Samudera Atlantik. Inilah jenderal yang terkenal, yang setelah mencapai laut mendesak kudanya ke depan sampai tidak bisa maju lebih jauh lagi dan kemudian berbalik ke arah langit menyatakan: "Ya Allah! Bila samudera ini tidak menggangguku, aku akan mencapai sudut terjauh dari bumi untuk memuji Nama-Mu ". Seruan ini tertanam di dalam inti motivasi dari penaklukan-penaklukan Muslim awal. Iman adalah kekuatan pendorong yang memberikan momentum ini. Islam telah mengajarkan umat Islam bahwa manusia dilahirkan dalam kebebasan dan bahwa manusia harus tunduk di hadapan Allah dan tidak ada yang lain. Perjuangan kaum Muslim awal adalah mendirikan tatanan dunia di mana hanya nama Allah yang dipuji dan laki-laki dan perempuan dibebaskan dari perbudakan kepada dewa-dewa palsu atau tiran yang bertindak seolah-olah mereka adalah dewa-dewa.

Pencapaian yang paling mengesankan dari Amir Muawiyah adalah membangun angkatan laut yang kuat untuk membebaskan cengkeraman Kekaisaran Bizantium di Mediterania timur. Sebuah angkatan laut dibangun dan Jandab bin Abi Umayyah diangkat sebagai Amirul Bahr, sumber dari kata Inggris Admiral. Rhodes dan pulau-pulau lainnya di Mediterania timur direbut dan pada tahun 671, Konstantinopel, ibukota Kekaisaran Bizantium, dikepung. Pengepungan berlangsung selama beberapa bulan. Pertahanan Bizantium kuat dan orang-orang Yunani berpengalaman dalam penggunaan nafta ("api Yunani"), asal dari napalm modern. Ketika pengepungan berkepanjangan, ada wabah kolera di kapal dan Muslim harus menghentikan pertempuran. Selama pengepungan ini seorang sahabat Nabi, Abu Ayyub Anshari wafat dan dikuburkan di bawah benteng Fort Konstantinopel. Terletak di Istanbul modern, makam Abu Ayyub adalah salah satu atraksi utama dari kota yang indah itu.

Emir Muawiya adalah seorang prajurit dan dia memberikan perhatian khusus untuk angkatan bersenjata. Dia mendorong inovasi dalam teknologi militer. Pada masa pemerintahan Muawiyah, insinyur muslim menemukan "Minjenique" (mesin) untuk mendorong batu besar ke benteng musuh. Dia memodernisasikan angkatan bersenjata, memperkenalkan unit khusus untuk peperangan di gurun dan medan bersalju. Benteng baru dibangun. Muawiyah adalah penguasa pertama yang mencetak koin dengan tulisan Arab, menggantikan koin Bizantium dan Persia, sehingga dengan demikian menegaskan kembali kemerdekaan fiskal dari negara Muslim. Kota Kairouan didirikan di Maghrib. Pencatatan administratif disistematisasi. Kanal tua digali kembali dan yang baru dibuat. Angkatan kepolisian diperkuat dan sistem pos, yang dibuat oleh Umar ibn al Khattab RA untuk kebutuhan militer, sekarang dibuka untuk umum.

Muawiyah bin Abu Sufyan adalah seorang sahabat Nabi dan pada beberapa kesempatan Nabi menggunakan jasanya sebagai juru tulis Al-Qur'an. Dalam kapasitas ini ia dihormati oleh semua umat Islam. Adalah perannya sebagai tokoh sejarah di mana perbedaan muncul. Sementara prestasinya patut dicatat, ia juga dikenal sebagai Emir yang merestui kutukan terhadap Ali bin Abi Thalib Kwh di depan umum, praktek yang ditinggalkan lima puluh tahun kemudian oleh Khalifah Umar bin Abdul Aziz (719). Sangat disesalkan, Muawiyah memaksakan anak tirannya Yazid kepada sejarah Islam.



Temukan artikel lainnya di http://www.lintas-islam.blogspot.com

Untuk bergabung dengan group Lintas Islam, click http://groups.yahoo.com/group/lintas-islam/join; atau kirim email kosong ke alamat: lintas-islam-subscribe@yahoogroups.com

0 komentar: