Senin, 23 Januari 2012

Ternyata Al-Maidah: 3 Bukan Ayat Terakhir

Pada kesempatan kali ini, kami ingin berbagi kepada sahabat konsultasi syariah mengenai ayat Alquran yang terakhir kali diturunkan Allah Ta'ala kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. Pendapat yang masyhur di kalangan masyarakat bahwasanya surat Al Maidah ayat 3 merupakan ayat yang terakhir kali diturunkan kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam.

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ اْلإِسْلاَمَ دِينًا 
"Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu." (QS. Al-Maidah:3)Namun di dalam buku-buku tafsir dan buku-buku ulumul quran yang masyhur ternyata ayat berikut: 
وَاتَّقُوا يَوْمًا تُرْجَعُونَ فِيهِ إِلَى اللهِ ثُمَّ تُوَفَّى كُلُّ نَفْسٍ مَّاكَسَبَتْ وَهُمْ لاَيُظْلَمُونَ
Dan peliharalah dirimu dari (azab yang terjadi pada) hari yang pada waktu itu kamu semua dikembalikan kepada Allah. Kemudian masing-masing diri diberi balasan yang sempurna terhadap apa yang telah dikerjakannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan). (QS. Al-Baqarah:281)

Lalu yang benar, ulama penulis tafsir dan buku-buku ulumul quran atau pendapat yang tersebar di masyarakat awam?
Berikut keterangan singkatnya.

Ibnu Juraij mengatakan, "Ayat ini turun enam malam sebelum Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam wafat, setelah itu Allah tidak menurunkan satu pun ayat lagi kepada Nabi." Menurut Ibnu Jubair dan Muqatil tujuh malam sebelum Nabi wafat. Ada pula yang menyatakan tiga hari bahkan beberapa saat sebelum Nabi wafat.
Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan para sahabat mencatatnya dalam Alquran antara ayat riba dan utang. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Jibril datang kepadaku dan memerintahkan agar meletakkan ayat tersebut di awal ayat 280."

Ibnu Abbas mengatakan, "Ayat Alquran yang paling terakhir diturunkan adalah 
 واتقوا يوما ترجعون فيه إلى الله ثم توفى كل نفس ما كسبت وهم لا يظلمونDan peliharalah dirimu dari (azab yang terjadi pada) hari yang pada waktu itu kamu semua dikembalikan kepada Allah. Kemudian masing-masing diri diberi balasan yang sempurna terhadap apa yang telah dikerjakannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan) 
Kemudian Jibril mengatakan, 'Wahai Muhammad letakkanlah ayat ini di awal ayat 280 surat Albaqarah'."

Tafsir Ayat:
Mayoritas ulama berpendapat bahwasanya hari yang dimaksud dalam ayat tersebut adalah hari kiamat dan hari amal seorang hamba dihisab. Adapula yang mengatakan adalah hari kematian. Namun menurut Ibnu 'Athiyah yang belbih benar adalah pendapat pertama.

Sengaja kami membahas ayat ini dari sisi ini saja, bukan dari segi tafsir makna-makna ayatnya. Mudah-mudahan di lain kesempatan kami bisa kembali berbagi kepada pembaca dari sisi pemaknaan ayat yang mulia ini, yang telah banyak membuat orang-orang yang shaleh menangis karenanya.

Diringkas dari Kitab Jami' li Ahkamil Quran oleh Imam Al Qurthubi

dari KonsultasiSyariah

0 komentar: