Kamis, 19 April 2012

Karena Waktu Begitu Berharga [4]

Renungan Keempat :

Beberapa Metode Untuk Mengoptimalkan Waktu Yang Kita Miliki

Dan berikut ini adalah beberapa hal yang dapat diterapkan untuk mengoptimalkan waktu kita yang terbatas ini dengan sebaik mungkin,

Pertama        :
Jangan biarkan waktu kita kosong dan berlalu begitu saja tanpa adanya aktifitas yang bermanfaat.

Dikatakan dalam pepatah :
الوقت كالسيف إن لم تقطعه قطعك ، ونفسك إن لم تشغلها بالحلال شغلتك بالحرام والوقوع في الآثام
““Waktu diibaratkan pedang, jika engkau tidak memotongnya maka waktulah yang akan memotongmu, Dan jika engkau tidak menyibukkan dirimu dengan sesuatu yang halal, maka dia akan menyibukkanmu dengan sesuatu yang haram serta perbuatan-perbuatan dosa”
            Dalam pepatah lain dikatakan :
الفراغ للرجال غفلة ، وللنساء غلمة
” Waktu yang kosong bagi laki-laki adalah sebuah kelalaian, dan bagi wanita akan menjerumuskan kepada hal-hal yang buruk (syahwat). ”

            Oleh karena itu, bukanlah hal yang mengherankan jika Nabi Yusuf  pernah dirayu untuk berbuat zina oleh istri seorang pejabat di zamannya. Yang semua ini disebabkan karena kekosongan hati dan jiwa yang bersumber dari kosongnya waktu dari berbagai aktifitas yang bersifat positif.

Begitu pula kita bisa melihat dampak dari kekosongan waktu yang menimpa para pengangguran di negeri ini.  Yang ternyata dengan meningkatnya angka pengangguran ternyata berbanding lurus dengan peningkatan angka kriminalitas dan tindak pidana.

0 komentar: