Senin, 09 April 2012

Ketakutan Para Malaikat

Allah berfirman,
"Mereka takut kepada Rabb mereka yang berkuasa atas mereka dan melaksanakan apa yang diperintahkan (kepada mereka)". (An Nahl:50)

Nabi ShalAllahu 'Alaihi wa Sallam bersabda:
"Sesungguhnya Allah mempunyai para malaikat yang urat-urat leher mereka gemetar karena takut kepada-Nya."

Diriwayatkan bahwa para malaikat yang menyangga 'Arsy, ada yang matanya menangis seperti aliran sungai. Jika malaikat itu menengadahkan kepalanya, maka dia berkata, "Maha Suci Engkau, tidak ada yang layak ditakuti kecuali menurut hak ketakutan kepada-Mu". Allah berfirman: "Tetapi orang-orang yang bersumpah atas nama-Ku justru berbuat dusta, dan mereka tidak mengetahui hal ini".

Dari Jabir r.a., dia berkata, "Rasulullah s.a.w bersabda: "Pada malam aku melakukan isra', aku melihat Jibril seperti geriba yang basah kuyup karena takut kepada Allah."

Diriwayatkan bahwa Jibril a.s. mendatangi Rasulullah s.a.w sambil menangis. Beliau bertanya "Apa yang membuat engkau menangis?" Jibril a.s. menjawab, "Mataku tidak pernah berhenti menangis semenjak Allah menciptakan neraka Jahannam, karena aku takut akan mendurhakai-Nya, lalu Dia akan melemparkan aku kedalamnya".

Dari Yazid Ar-Ruqasyi, dia berkata, "Sesungguhnya Allah mempunyai para malaikat yang berada disekitar 'Arsy. Mata mereka menangis layaknya sungai hingga hari kiamat tiba. Mereka bergetar seakan diguncang angin karena takut kepada Allah." Allah berfirman "Wahai para malaikat-Ku apa yang membuat kalian takut sementara kalian ada disisi-Ku", para malaikat menjawab "Ya Rabbi, andaikata penghuni bumi melihat kemuliaan dan keagungan Engkau seperti yang kami lihat ini tentu mereka tidak sanggup makan dan minum, tidak sanggup tidur, lalu mereka keluar ke tengah padang pasir untuk menguak di sana seperti sapi yang menguak.

Muhammad bin Al-Munkadir berkata "Tatkala neraka diciptakan maka jantung para malaikat lepas dari tempatnya . Lalu tatkala Adam diciptakan jantung mereka pun kembali ke tempatnya semula".
 

0 komentar: