Minggu, 15 April 2012

Tips Mempromosikan Blog untuk Meningkatkan Trafik

Apalah artinya mempunyai blog, tetapi blog itu tidak pernah dikunjungi orang. (Ingat! Dikunjungi orang ya, bukan banyaknya komentar ). Padahal, kunci suksesnya sebuah blog terletak pada jumlah pengunjung yang datang. Semakin tinggi trafik pengunjung blog, maka akan semakin banyak pula keuntungan yang bisa kita peroleh dari blog tersebut untuk berbagai keperluan, misalnya: kontes SEO, lomba menulis, bisnis online, dan sebagainya.

Terus terang, selama di Multiply jarang sekali saya melihat blog yang jumlah pengunjungnya di atas 150 pengunjung/hari. Ini salah satunya dikarenakan Multiply kurang SEO friendly, ditambah lagi postingan kita di Multiply yang kebanyakan kurang informatif (baca: cerita sehari-hari), sehingga blog kita susah ditemukan oleh mesin pencari atau tidak banyak orang yang mencari tulisan kita.

Untuk menyiasati masalah itu, ada beberapa tips mempromosikan blog agar trafik pengunjung blog kita meningkat. Caranya? Silahkan simak tips berikut ini.
1.       Konten Adalah Segalanya
Tulislah topik yang semenarik mungkin, karena konten blog adalah raja. Hal ini dilandasi oleh fakta bahwa sebagian pengguna internet adalah mencari informasi. Tulisan-tulisan yang banyak disukai pembaca biasanya yang berbau berita, informatif, kontroversial, tip/trik, dan masih banyak lagi.
Berikut adalah beberapa contoh judul yang biasanya bisa menarik perhatian para pengunjung:
Tip membeli buku murah, Duluan mana telor sama ayam?, Cara menghilangkan jerawat dalam 1 jam, dll.

2.       Blog Walking
Selain menulis blog yang menarik, kita juga harus pandai bersosialisasi antar sesama blogger (pemilik blog). Mengapa? Dunia maya itu sama persis dengan dunia nyata. Jadi, mana mungkin orang lain mau mengunjungi kita, sementara kita sendiri tidak pernah mengunjungi mereka.
3.       Gratis
Selain tulisan, ada bermacam alasan lain kenapa orang senang berkunjung ke blog tertentu. Alasan itu salah satunya adalah karena blog yang ia kunjungi menyediakan sesuatu secara cuma-cuma. Iya benar, memberi sesuatu yang bersifat gratis masih menjadi daya tarik untuk mendatangkan pengunjung.Tidak perlu muluk-muluk memberi sesuatu yang mahal, cukup memberi ebook, template, atau wallpaper saja sudah membuat senang pengunjung.
4.       Adakan Kontes atau Lomba
Kalau kita mempunyai modal yang cukup, kita bisa mencoba menyenggarakan kontes atau lomba dengan iming-iming hadiah tertentu, seperti; buku, domain, t-shirt, dan sebagainya.Soal aturan main kontesnya kita bisa menentukan sendiri.Misalnya, meminta para kontestan untuk me-review blog kita di blog mereka, terus bagi yang review-nya dikunjungi banyak orang maka dialah pemenangnya.
5.       Ikuti Kontes atau Lomba
Ini kebalikan dari tip sebelumnya. Kalau kita tidak mau keluar modal, tak ada salahnya kita yang menjadi peserta kontes atau lombanya. Apa untungnya? Jika kita menang, selain dapat hadiah, biasanya alamat blog kita akan diumumkan di blog yang menyelenggarakan kontes itu. Dengan begitu, banyak orang yang tahu alamat blog kita bukan? Sehingga peluang blog kita dikunjungi orang lain pun sangat besar.
6.       Bertukar Link
Kita bisa melakukan tukar menukar link antar sesama blogger untuk mempromosikan alamat blog kita. Alamat blog A dipasang di blog B, dan sebaliknya alamat blog B dipasang di blog A. Gampang, kan? Jadi, sama-sama menguntungkan.
7.       Via Email
Pernah, kan, mengirim atau membalas email? Nah, setiap kali melakukan kedua aktivitas itu jangan lupa untuk mencantumkan signature alamat blog kita sebagai promosi. Setiap penyedia layanan email sekarang sudah memiliki fitur email signature, jadi kita hanya perlu melakukan seting saja. Setelah diseting, setiap kali kita mengirim/membalas email, signature yang berisi alamat blog kita ini juga akan ikut dikirimkan, tanpa harus mengetik ulang.
8.       Bergabung ke Situs Social Networking
Untuk menggenjot lagi jumlah pengunjung blog, kita bisa join ke berbagai situs social networking. Misalnya, Facebook, Twitter, dan masih banyak lagi yang lain.
9.       Aktif di Forum / Milis
Tempat “ngumpul” di dunia maya ini biasa digunakan untuk berdiskusi, bertanya, dan menjawab tentang suatu permasalahan.Tujuannya, agar setiap permasalahan yang muncul bisa cepat selesai karena dibahas bersama-sama. Enak, kan? Sekarang banyak forum dan mailing list digelar, kita bisa registrasi lalu ikut aktif di dalamnya. Kalau kita aktif, kita akan banyak dikenal oleh anggota di forum/milis itu.
10.    Daftarkan ke Mesin Pencari
Sebagian besar orang mencari informasi di internet melalui mesin pencari atau search engine. Nah, tentunya kita ingin, kan, isi blog kita juga terindeks di search engine agar mudah ditemukan oleh mereka? Untuk merealisasikan hal itu, sebaiknya kita mendaftarkan alamat blog kita di beberapa situs mesin pencari seperti Google dan Yahoo. 
11.    Daftarkan ke Directory
Cara lainnya untuk memaksimalkan blog kita yaitu dengan bergabung di situs-situs internet directory. Kita bisa mendaftarkan ke beberapa alamat situs directory yang tersebar di internet, misalnya: dmoz, blogcatalog, mybloglog, dan sebagainya.
Selain itu, untuk blogger Multiply, sebaiknya seluruh postingan diseting untuk semua orang (Everyone) dan gunakan tag sesuai keyword yang akan dibidik. Ok, saya kira itu dulu, ada yang ingin menambahkan?

0 komentar: