Selasa, 01 Mei 2012

Fitnah Dunia Internet

Semoga Allah menjagamu dan keluargamu..

Saudari...
Hanya ini yang bisa kuberikan kepadamu. Hanya deretan huruf-huruf, semoga berarti.

Jika tidak pandai berenang, jangan bermain dilautan. KIta akan terseret gelombang....

Ukhti, Aku menyayangimu, memang seharusnya ini aku forward satu-satu ke inbox mu, namun karena suatu hal, aku mohon maaf terpaksa aku tuliskan disini, namun kapasitasnya aku tak menjudge person langsung, ini adalah nasihat dariku, untukku, dan ingin aku coba untuk broadcast ke saudari semua. Dan ada pertimbangan lainnya juga. Dan, bagi yang aku tag, bukan bararti dia yang aku tunjuk, namun tag itu biasanya acak-acakan saja, jadi mohon maaf bagi yang merasa. Dan aku meminta, untuk tidak membuka aib di komentar, tutuplah aib kalian jika tak ingin aib kalian menjadi rahasia umum.

Saudari, kita hidup di akhir zaman, disana sini badai fitnah bersliweran. Allaahul musta`aan,
Sudah dikhabarkan oleh Rasulullaah, sudah banyak dinukil dalam al Hadits shahiih, begitu juga syarah dari Ulama Rabbaniyyun.
Kita berfikir, fitnah apakah yg dimaksud?

♥ Fitnah syubhaat, akan merasuk dengan tancapan yang amat dalam, bagi orang-orang Jaahil dan Taqlid buta. Akan memburu mereka ketika badai fitnah sudah hampir pergi, dan akan terus menancap sekalipun fitnah itu telah usai dan meninggalkan perselisihan. Lalu, apa obatnya..? Mendekatlah ke `Alim, rauplah cahaya `Ilm selagi mereka masih ada, dan runtuhkan akal dan nafsu merasa paling benar sendiri...

♥ Dan, satu lagi fitnah yang tak kalah bahayanya adalah fitnah syahwat....
Aku yakin, ayat ini sudah sangat hafal sekali di lisan kita, namun adakah menjadi peringatan dan cambuk yang akan menghempas jika dilanggar..?
Walaa taqrabuzzinaa innahu kaana faa hisyah wa saa-a sabiilaa ( Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah sesuatu perbuatan keji dan jalan yang jelek” ( QS Al Isra : 32 ))

Saudari..
Saya menulis catatan ini di facebook, berarti sasaran saya adalah pengguna facebook dan sarana itu sendiri. JIka dulu sebelum saya mengenal facebook, saya beranggapan seperti ini, "Ah mana mungkin pesan kita akan cepat dibalas layak nya sms, toh orang tak selalu buka facebook". Tetapi anggapan saya itu invers dengan fakta sekarang ini. Teknologi semakin maju, dalam waktu sekian detik, sudah hampir menyamai sms, bahkan sebagian orang lebih mmilih menyampaikan atau komunikasi via facebook. Yaaa, Segala 'aktifitas' ada disini. Mulai dari dakwah, bisnis, jejaring sosial dan pengikatan Ukhuwah, sampai pada segala macam kejahatan ada disini. Yaa..seperti hal nya Allaah menciptakan siang dan malam, begitu juga lah facebook ini, ada manfaat dan ada mudharatnya.

Seperti halnya, dakwah via Facebook. Facebook antara dakwah dan fitnah. Kenapa saya berani berkata demikian..?
Karena, betapa banyak Ikhwan atau AKhawaat Aktivis dakwah 'gugur' satu per satu. Mengapa sampai demikian coba..
Yaa, ketahuilah wahai saudari, fitnah syahwat itu tak pandang bulu, mau laki-laki, perempuan, Muslim, Mu`min, Jaahil atau bahkan `Alim..
Apalah kita, ketaqwaan dan keimanan tak melebihi salaful Ummah, yg mereka sangat menjaga sekali agar aman dari badai fitnah syahwat. Shg Rasulullaah saja, yg sudah dijamin surga, ma`sum, dosa nya diampuni walau sekian waktu kemudian, begitu menjaga sekali, buktinya:
-Dalam Rawaahul Bukhari, "Rasulullaah itu lebih pemalu dari wanita pingitan"
-Masih dalam Rawaahul Bukhari, "Lebih baik aku ditusuk dengan besi panas, daripada menyentuh wanita"

Sudah sangat banyak sekali nasihat dari Ustadz kita.
Di Dunia Maya itu, tergelincir sedikit saja, jatuh masuk 'ember', ya minimal deketin 'ember' lah..
Walaupun kita tidak macam-macam dan tidak merayu2 ikhwan, namun secara tak sadar kita juga tetap sudah menjadi fitnah... Sadar atau tidak, ya memang demikian adanya. Nasalullaah Al`aafiyah

Banyak sekali saya temukan, di facebook amat gencar dakwahnya, namun di dunia nyata, tak seperti dunia maya. Ya memang itu urusan mereka dengan Rabb nya, selagi bermanfaat ya kita ambil. Namun, setidaknya, kita tak terkena ucapan Ulama Salaf ini, "Abdullaah bin Mu`taz rahimahullaah berkata, 'Ilmu seorang Munafiq itu terletak pd ucapannya, sedangkan `Ilmunya seorang Mu`min terletak pada `Amalnya'".

Namun sebaliknya,
Banyak sekali saya temukan, di FB mereka biasa-biasa saja, tetapi -masyaa Allaah- di dunia nyata beliau shalihaah, `ilmunya mantap, akhlaknya baik..
Saya jadi malu sendiri saja. Begitu tawadhu` nya mereka.. Rasanya saya tak pantas menulis Risalah Rasulullaah, karena ada yg jauh lebih `Alim yg pantas saya ambil `Ilmu dan mendengar petitihnya.

Jadi, perkataan di FB tak bisa menjadikan tolak ukur keshalihan dan keilmuan seseorang.
Namun walaupun begitu, tetap husnudzhan diutamakan juga,
Selagi apa yg dia tulis itu sesuai syar`iat, ya kita sami`na wa atha`na..

Nah, balik lagi bicara mengenai Fitnah Syahwat nih..
"Kucing mana yang tak mau dengan Ikan Asin...?"
Apakah benar para akhawat yang telah mengaji, telah memakai jilbab nan panjang+lebar pula dapat terbujuk oleh rayu Ikhwan jenggotan dan cingkrang, atau oleh para kucing yang fitrahnya memang suka kepada ikan asin?

Benar sekali..
Sungguh, memang benar bahwa seberapapun lebarnya jilbab-jilbab kami, seperkasa apapun kami dalam pandangan dan serapat apapun kami dalam pingitan maka tetaplah hati-hati kami adalah hati para wanita, jiwa-jiwa kami pula tetaplah jiwa para wanita yang telah sunnatullahnya ia adalah hati dan jiwa yang lemah lagi rapuh...

............
Ah, kepanjangan ya catatannya... Maaf yaaa.. Gak terasa udah panjang aja..

Facebook ini,
Antara sungai yang bermuara dan lautan lepas,
Entahlah, apakah berada di tepi tebing atau jurang..

Facebook itu bagaikan pisau bermata dua, jika tak hati-hati, maka karamlah bersama apa yang diperbuat. Facebook itu adalah wasilah, yang hukumnya sesuai dengan tujuannya. Jika tujuannya haram, maka hukumnya akan haram. Jika dimanfaatkan dengan baik, maka pahala lah -insyaa Allaah- baginya.

Tak dikatakan dosa kecil, jika terus-terusan dilakukan dosa kecil itu. Dia akan menumpuk, membuat hati kelam, dia akan menggunung yg orang berada di bawahnya (yg punya dosa) akan gamang dan takut diruntuhi oleh gunung itu.. Nasalullaah al `aafiyah

Mari, mantapkan Aqidah. Memohon pada Allaah, agar `Ilmu kita bermanfaat.. Allaah Maha Melihat, apa yg sedang kita tulis di facebook ini, apa niat-niat kita Allah Maha Mengetahui. Batasi komunikasi dengan Ajnabi.

Aku berlindung dari nasihat yg aku lisankan dan tak bermanfaat bagiku, begitu juga `Ilmu yg telah ada di genggamanku....

Begitu juga kalian, wahai saudariku..

Sayangilah diri kita, hidup cuma sekali..............

Tidakkah kita mengambil pelajaran dari kejadian yg telah lalu yg dialami saudari2 kita disana...? Sudah sangat banyak sekali fenomena di balik layar facebook, atau bahkan layar facebook, berubah jadi layar yang tak berbatas...

Fitnah di layar Facebook kita! Tak Menjamin Berapa Hafalan, `Amalan, Lama ngaji, kita akan aman dari fitnah.
Iman itu naik turun, akan berkurang dengan maksiat, dan akan bertambah dengan ketaatan.. Wara` lebih ahsan -insya Allaah-

Renungkanlah...


0 komentar: