Senin, 23 Januari 2012

Zakat Harta Temuan

Assalaamu alaikum warahmatullahi wabarakaatuh, saya mau bertanya tentang bagaimana menzakati harta temuan.saya sekarang bekerja dinegara asing,tepatnya bekerja di pengolahan pakaian bekas,,,dan didalam pekerjaan saya ini saya sering kali mendapatkan Uang dan pernah juga mendapat emas,, berapakah zakat yang harus saya keluarkan dan bolehkah zakatnya itu saya bayarkan nanti ketika saya sudah kembali ke negara asal..terimakasih,,


Jawaban:

بسم الله الرحمن الرحيم, الحمد لله رب العالمين وصلى الله و سلم وبارك على نبينا محمد وآله وصحبه أجمعين, أما بعد:

Saya akan bawakan fatwa dari Syeikh Ibnu Utsaimin rahimahullah (salah satu Ulama Besar Arab Saudi).

Pertanyaan:

seseorang mendapatkan harta dengan jumlah 20 Junaih dari perak di dalam sebuah lubang, lalu dia ambil harta ini dan dia gunakan untuk mengobati anaknya dan dia sangat membutuhkannya, apakah berdosa atasnya? Apakah ada zakat di dalamnya (barang temuan)?

Jawaban:

Harta yang terpendam jika ada tanda bahwa dia adalah harta orang terdahulu bukan dari harta kaum muslim, maka ini disebut oleh para ulama sebagai Rikaz dan wajib dikeluarkan 1/5 nya, jadi jika ditemukan rikaz ini dan senilai dengan 5000 misalkan, maka wajib dikeluarkan seribu dan sisanya dia masukkan ke dalam hartanya.

Adapun jika harta yang ditemukan di dalam tanah ini tidak ada tanda bahwa dia termasuk harta peninggalan kaum jahiliyyah maka ini dianggap sebagai Luqathah (barang temuan) dicari pemiliknya selam setahun, jika ada maka dialah pemiliknya sedangkan jika tidak ada maka harta luqathah tersebut miliknya (yang menemukannya). [Lihat Majmu’ Fatawa wa Rasail Ibnu Ustaimin 2/bab Zakat Al Hubub wa Ats Tsimar]. Wallahu ‘alam.

Terlampir fatwa beliau dalam teks berbahasa Arab:

مجموع فتاوى ورسائل العثيمين (18/ 89)
سئل فضيلة الشيخ - رحمه الله تعالى -: شخص وجد مبلغاً من المال يقدر بعشرين جنيهاً من الفضة داخل حفرة، فأخذ هذا المال وصرفه في علاج ابنه وهو في أمس الحاجة، فهل عليه شيء؟ وهل فيه زكاة؟
فأجاب فضيلته بقوله: المال المدفون إن كان عليه علامة على أنه مال سابق ليس من أموال المسلمين، فهذا يسمى عند العلماء ركازاً، ويجب إخراج خمسه، فإذا وجد هذا الركاز وهو يساوي خمسة آلاف مثلاً، فالواجب إخراج (ألف)، والباقي له يدخله في ماله.
أما إذا كان هذا المال الذي وجده مدفوناً في الأرض ليس فيه دليل على أنه من مدفون الجاهلية الأولى، فإنه يعتبر لقطة يبحث عن صاحبه لمدة سنة فإذا جاء صاحبه وإلا فهو له.

Wallahu a’lam.

*) Ditulis oleh Ahmad Zainuddin, 23 Shafar 1433 H Dammam KSA

0 komentar: